spot_img
spot_img

Hari Ini 25 Tahun Lalu Windows 95 Meluncur, Ini Kecanggihannya Kala Itu

spot_img
KOMPAS.com - Dua puluh lima tahun lalu, tepatnya pada 25 August 1995, Microsoft resmi memperkenalkan sistem operasi Windows 95. 

Lahirnya sistem operasi tersebut merupakan bukti nyata dari pesatnya perkembangan teknologi yang telah dibuat oleh dua pendiri Microsoft, yakni Bill Gates dan Paul Allen.

Windows 95 sendiri dapat dipasang pada komputer dengan spesifikasi minimum RAM 4 MB dan ruang hard disk sebesar 55 MB saja.

Kala itu, kehadiran Windows 95 memang banyak dinantikan oleh para pengguna. Lima pekan usai waktu peluncurannya, Microsoft berhasil memecahkan rekor penjualan terbanyak hingga 7 juta kopi software.

Pencapaian tersebut tidak terjadi tanpa suatu sebab. Microsoft diketahui telah mengeluarkan dana sebesar 300 juta dollar AS untuk biaya promosi, termasuk menggandeng bintang seri komedi Friends, yakni Jennifer Aniston and Matthew Perry dalam video tutorialnya. 

Iklan Windows 95 yang ditampilkan melalui televisi pun diiringi dengan lagu Rolling Stones yang berjudul "Start Me Up". 

Secara spesifik, iklan tersebut mempromosikan fitur tombol Start, yang kala itu hadir secara perdana pada Windows 95. 

Kehadiran tombol Start di OS Windows diklaim sangat praktis, karena dapat membantu pengguna dalam mencari aplikasi atau melakukan navigasi pada komputer. 

Windows 95 telah membawa banyak perubahan dibanding sistem operasi pendahulunya, yakni DOS dan Windows 3.1. Windows 95 memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin memberikan nama yang panjang pada suatu folder atau file, hingga mencapai 250 karakter. 

Padahal pada versi MS DOS, pemberian nama pada file dan folder tergolong terbatas, yakni hanya dapat memuat delapan karakter saja.
https://www.youtube.com/watch?time_continue=73&v=BNzWyQPIpVg&feature=emb_logo
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

comments

Muat turun applikasi Berita Tular di Apple Store atau Google Play sekarang


Dapatkan informasi terkini di emel anda. Langgan secara percuma.

Terkini

spot_img
spot_img